Kamis, 28 Januari 2016

Sejarah ituu.....


Blog ini sudah cukup banyak membahas materi berkenaan dengan sejarah. Namun, apakah kalian tahu sejarah itu apa? Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan tentang apa itu sejarah. Happy reading!

Kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة: šajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah waktu atau penanggalan.

Kata Sejarah lebih dekat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang mendekati acuan tersebut adalah Geschichte yang berarti sudah terjadi.

Dalam istilah bahasa-bahasa Eropa, asal-muasal istilah sejarah yang dipakai dalam literatur bahasa Indonesia itu terdapat beberapa variasi, meskipun begitu, banyak yang mengakui bahwa istilah sejarah berasal-muasal,dalam bahasa Yunani historia. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan history, bahasa Prancis historie, bahasa Italia storia, bahasa Jerman geschichte, yang berarti yang terjadi, dan bahasa Belanda dikenal gescheiedenis.


Ada banyak pendapat mengenai pengertian sejarah. Berikut sejarah menurut beberapa ahli :


1. Pengertian Sejarah Oleh W.J.S Poerwordaminta
        Dalam kamus Umum bahasa Indonesia oleh bahwa terdapat tiga pengertian sejarah yaitu:
    1. Seluruh kesusasteraan lama, silsilah dan asal usul
    2. Kejadian yang benar benar terjadi di masa lampau
    3. Ilmu pengetahuan, cerita pembelajaran tentang pengetahuan

2. Pengertian sejarah menurut Norman E. Cantor
    Pengertian sejarah adalah studi tentang apa yang telah diperbuat, dikatakan dan dipikirkan oleh   manusia pada masa lampau

3.Pengertian sejarah menurut R.Mohammad Ali
   Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia, mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut:
   1. Jumlah perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
   2. Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian, atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
   3. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian, dan atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.

4. Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun (1332-1406)
    Pengertian sejarah menurut sejarawan muslim ini bahwa pengertian sejarah adalah rekaman perputaran masa dan pergantian kekuasaan yang terjadi pada masa lampau bila dilihat dari sisi luar, dan sejarah apabila dilihat dari sisi dalam adalah suatu studi dan penalaran kritis dan usaha cermat untuk mencari kebenaran. Dalam pengertian sejarah ini, diartikan bahwa sejarah merupakan suatu penjelasan yang cerdas tentang sebab dan asal usul segala sesuatu ataupun suatu pengetahuan mendasar tentang bagaimana dan mengapa peristiwa peristiwa itu terjadi. Dalam pengertian sejarah oleh Ibnu Khaldun ini anda tidak boleh melihat bahwa mencari kebenaran hanya dengan mengumpulkan fakta fakta saja akan tetapi menalarkan fakta yang ada.

5. Pengertian sejarah menurut Edward Hallet Carr
    Pengertian sejarah adalah suatu proses interaksi terus menerus antara sejarawan dengan fakta fakta yang ada padanya atau suatu dialog yang tidak ada hentinya antara masa sekarang dan masa lampau. Hal yang harus anda perhatikan dalam pengertian sejarah ini adalah adanya kontinuitas atau berkesinambungan. Kontinuitas yang dimaksud dalam pengertian sejarah ini adalah bahwa apa yang terjadi pada masa sekaran merupakan kelanjutan dari apa yang terjadi pada masa lampau.

6. Pengertian Sejarah Menurut Kuntowijoyo
    Pengertian sejarah menurut Kuntowijoyo ada dua yaitu pengertian sejarah secara positif dan pengertian sejarah secara negatif. Pengertian sejarah secara positif yaitu ilmu tentang manusia , tentang waktu , tentang sesuatu yang mempunyai makna sosial dan ilmu tentang sesuatu yang terinci dan tertentu. Sedangkan, pengertian sejarah secara negatif adalah bukan mitos, filsafat, bukan ilmu alam dan bukan sastra.
    Dalam pengertian sejarah ini kita harus memahami bahwa sejarah menyuguhkan fakta secara diakronis, unik, empiris dan ideografis.
    Sejarah bersifat ideografis karena sejarah menggambarkan, memaparkan, dan menceritakan sesuatu. Sementara itu sejarah bersifat diakronis karena berhubungan dengan perjalanan waktu.
    Sejarah bersifat unik karena berisi hasil penelitian tentang hal-hal yang unik dan secara khas hanya berlaku pada sesuatu. bukan hanya itu, sejarah juga bersifat empiris, yaitu sejarah berpegang teguh pada pengalaman manusia yang benar benar terjadi terjadi.

7. Pengertian Sejarah Menurut J.V. Bryce
    Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.

8. Pengertian Sejarah Menurut W.H. Walsh
    Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia pada masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.

9. Pengertian Sejarah Menurut Patrick Gardiner
    Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

10. Pengertian Sejarah Menurut Roeslan Abdulgani
      Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan pada masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.

11. Pengertian Sejarah Menurut Moh. Yamin
      Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

12. Pengertian Sejarah Menurut Thomas Carlyle
      Sejarah sebagai peristiwa masa lalu yang mempelajari biografi orang-orang terkenal dimana mereka berperan sebagai penyelamat pada zaman mereka. Mereka adalah orang-orang besar yang pernah dicatat sebgai pembawa perubahan pada masa kini.

13. Pengertian Sejarah Menurut Collingwood
      Sejarah adalah ilmu atau sebuah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tentang perilaku manusia pada masa lampau

Jadi sebenarnya sejarah itu apa? Dari kutipan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa sejarah itu adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan manusia pada masa lalu, memiliki bukti ilmiah yaitu peninggalan berupa artefak maupun fosil, yang memiliki sifat diakronis, unik, empiris dan ideografis. Itulah pengertian sejarah menurut saya. Kamu pun juga dapat menyimpulkannya sendiri. Mungkin kamu juga dapat masuk ke deretan orang diatas yang memberikan pengertian tentang sejarah. Mengapa tidak?

Sumber
id.wikipedia/wiki/sejarah
http://www.seputarpengetahuan.com/2015/08/6-pengertian-sejarah-menurut-para-ahli-lengkap.html
https://sejarahsingkatind.wordpress.com/2011/03/21/pengertian-sejarah-dan-ilmu-sejarah-3/
http://www.kajianteori.com/2013/09/pengertian-sejarah.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar