Senin, 04 April 2016

Penjelajahan Samudera Bangsa-Bangsa Eropa






Penjelajahan Samudra adalah ekspedisi mengarungi samudra luas dengan tujuan mencari daerah penghasil rempah-rempah. Penjelajahan samudra juga diartikan sebagai periodisasi waktu, antara awal abad 15 sampai abad ke 17. Penjelajahan samudra yang dilakukan bangsa - bangsa eropa biasanya menuju dunia timur karena di dunia timur banyak terdapat rempah-rempah. Penjelajahan samudra menjadi titik balik bagi bangsa Eropa pada satu sisi, sedangkan di sisi lain awal masa penjajahan bagi bangsa - bangsa di Asia dan Amerika.

Penjelajahan samudra ini dilakukan karena beberapa faktor. Faktor-faktor yang menyebabkan bangsa eropa melakukan penjelajahan samudra antara lain :

1. Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani (1453), mengakibatkan hubungan perdagangan antara Eropa dan Asia Barat (Timur Tengah) terputus.

2. Adanya sarana pendukung seperti kompas, teropong, mesiu, dan peta yang menggambarkan secara lengkap dan akurat garis pantai, terusan, dan pelabuhan.

3.  Semangat gold, yaitu semangat untuk mencari kekayaan/emas.Semangat ini mengacu pada keinginan untuk mengambil rempah-rempah dari daerah asal sehingga harganya lebih murah dan dapat memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.

4. Adanya jiwa petualangan sehingga menggugah semangat untuk melakukan penjelajahan samudra.

5. Semangat reconguesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam di mana pun yang dijumpainya sebagai tindak lanjut dari Perang Salib.

6. Semangat gospel, yaitu semangat untuk menyebarkan agama Nasrani.

7. Semangat glory, yaitu semangat memperoleh kejayaan atau daerah jajahan.

8. Adanya buku Imago Mundi yang menceritakan perjalanan Marco Polo (1271-1292) ke India, Indonesia, dan Cina.

9. Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo yang menyatakan bahwa bumi itu bulat seperti bola, matahari merupakan pusat dari seluruh benda-benda antariksa. Bumi dan benda-benda antariksa lainnya beredar mengelilingi matahari (teori Heliosentris).

Faktor-faktor diataslah yang menyebabkan bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra. Sekrarang, bangsa apa saja yang melakukan penjelajahan samudra? Negara-negara yang memelopori penjelajahan samudra adalah Portugis dan Spanyol, menyusul Inggris, Belanda, Prancis, Denmark, dan lainnya. Untuk menghindari persaingan antara Portugis dan Spanyol, maka pada tanggal 7 Juni 1494 lahirlah Perjanjian Tordesillas. Paus membagi daerah kekuasaan di dunia non-Kristiani menjadi dua bagian dengan batas garis demarkasi/khayal yang membentang dari kutub Utara ke kutub Selatan. Daerah sebelah Timur garis khayal adalah jalur/kekuasaan Portugis, sedangkan daerah sebelah Barat garis khayal adalah jalur Spanyol.



garis khayal pembagian wilayah spanyol dan portugis


Pelayaran Orang-orang Portugis

Orang-orang Portugis menjadi pelopor berlayar mencari tempat asal rempah-rempah. Hal ini tidak lepas dari kiat Pangeran Henry Mualim (Henry Navigator) yang memberi hak-hak istimewa kepada keluarga-keluarga saudagar sukses dari Italia, Spanyol, dan Prancis. Tujuannya supaya mereka bersedia tinggal dan berdagang di ibukota Portugis.

Berikut ini penjelajah-penjelajah yang berasal dari Portugis.

1) Bartholomeu Dias

bartholomeu dias

Bartholomeu Dias berangkat dari Lisabon (Portugis) pada bulan Agustus 1487. Ketika sampai di ujung Selatan benua Afrika, kapal Dias terkena badai topan. Setelah badai reda, Dias kembali ke Portugis. Oleh Dias dan rombongannya, ujung Selatan Benua Afrika dinamai Tanjung Badai. Namun, Raja Portugal Joao II mengganti namanya menjadi Tanjung Harapan (Cape of Good Hope) karena untuk menghilangkan kesan menakutkan dan tempat tersebut dianggap memberikan harapan bagi bangsa Portugis untuk menemukan Hindia.




rute pelayaran bartholemou dias 

2) Vasco da Gama

vasco da gama

Pada tanggal 8 Juli 1497, Raja Portugis Manuel I memerintahkan Vasco da Gama mengikuti jejak Dias. Ekspedisinya dilakukan melalui laut sepanjang pantai Afrika Barat.

Dalam pelayarannya, Vasco da Gama sempat singgah di pantai Afrika Timur. Atas petunjuk mualim Moor, da Gama melanjutkan ekspedisinya memasuki Samudra Hindia dan Laut Arab. Perjalanan Vasco da Gama tiba di Calcuta pada tanggal 22 Mei 1498. Di Calcuta, Vasco da Gama berupaya mendirikan pos perdagangan. Ia membeli rempah-rempah untuk dikirim ke Portugis dan sebagian dijual ke negara- negara Eropa lainnya.


rute pelayaran vasco da gama


3) Alfonso d’ Albuquerque

alfonso d'alburqueque

Setelah beberapa lama menduduki Calcuta, orang Portugis sadar bahwa penghasil rempah-rempah bukan India. Ada tempat lain yang menjadi pusat perdagangan rempah-rempah di Asia, yaitu Malaka. Oleh karena itu ekspedisi ke Timur dilanjutkan kembali.

Bagi Portugis, cara termudah menguasai perdagangan di sekitar Malaka adalah dengan merebut atau menguasai Malaka. Oleh karena itu, dari Calcuta, Portugis mengirimkan ekspedisi ke Malaka di bawah pimpinan Alfonso d’ Albuquerque. Ekspedisi d’ Albuquerque tersebut berhasil menaklukkan Malaka pada tahun 1511.


rute pelayaran alfonso de alburqueque

4) Pedro Álvares Cabral (sekitar 1467 atau 1468 – sekitar 1520) 

cabral
Cabral adalah seorang penjelajah, navigator, komandan militer dan bangsawan Portugis yang diakui sebagai penemu Brasil. Cabral melakukan eksplorasi substansial pertamanya di pesisir timur laut Amerika Selatan dan mengklaimnya untuk Portugal. Meskipun detail dari kehidupan awal Cabral tidak jelas, ia diketahui berasal dari sebuah keluarga bangsawan minor dan mendapatkan pendidikan yang baik. Ia dipilih menjadi kepala sebuah ekspedisi ke India pada 1500, setelah rute baru dibuka oleh Vasco da Gama di sekitaran Afrika. Tujuannya adalah mendapatkan kembali rempah-rempah berharga dan mendirikan hubungan dagang di India untuk menggantikan monopoli perdagangan rempah-rempah pada masa sebelumnya yang diambil alih oleh para pedagang Arab, Turki dan Italia. Meskipun ekspedisi sebelumnya dari Vasco da Gama ke India, atas rute laut-nya, merekam tanda-tanda barat tanah selatan Samudera Atlantik (pada 1497), Cabral diakui sebagai kapten pertama yang menyentuh empat benua, yang membuat ekspedisi pertama yang menyatukan Eropa, Afrika, Amerika, dan Asia.

rute pelayaran cabral

Pelayaran Orang-orang Spanyol

Berikut ini para penjelajah Spanyol yang melakukan pelayaran ke dunia Timur:

1) Christopher Columbus


columbus
Pada tanggal 3 Agustus 1492, dengan menggunakan tiga buah kapal yaitu Santa Maria, Nina, dan Pinta, Columbus mulai berlayar mencari sumber rempah-rempah di dunia Timur. Setelah berlayar lebih dari 2 bulan mengarungi Samudra Atlantik, sampailah Columbus di Pulau Guanahani yang terletak di Kepulauan Bahama, Karibia. Ia merasa telah sampai di Kepulauan Hindia Timur yang merupakan sumber rempah-rempah. Ia menamai penduduk asli di kawasan itu sebagai Indian. Selanjutnya Kepulauan Bahama dikenal sebagai Hindia Barat. Columbus bersama seorang penyelidik bernama Amerigo Vespucci antara tahun 1492 – 1504, berlayar terhitung 4 kali. Mereka menemukan benua baru yang diberi nama Amerika. Jadi penemu Benua Amerika adalah Christopher Columbus. Sejak Columbus menemukan benua Amerika, menyusul pelaut-pelaut Spanyol seperti Cortez dan Pizzaro. Cortez menduduki Mexico pada tahun 1519 dengan menaklukkan suku Indian yaitu Kerajaan Aztec dan suku Maya di Yucatan. Pizzaro, pada tahun 1530 menaklukkan kerajaan Indian di Peru yaitu suku Inca.

rute pelayaran columbus

2) Ferdinand Magelhaens (Magellan) dan Juan Sebastian

magellan
juan sebastian

Pada tanggal 10 Agustus 1519, Magelhaens berlayar ke Barat didampingi oleh Kapten Juan Sebastian del Cano (Sebastian del Cano) dan seorang penulis dari Italia yang bernama Pigafetta. Penulis inilah yang mengisahkan perjalanan Magelhaens-del Cano mengelilingi dunia yang membuktikan bahwa bumi itu bulat seperti bola. Pada tahun 1520, setelah menyeberangi Samudra Pasifik, sampailah rombongan Magelhaens di Kepulauan Massava. Kepulauan ini kemudian diberi nama Filipina, mengambil nama Raja Spanyol, Philips II. Dalam suatu pertempuran melawan orang Mactan, Magelhaens gugur (27 April 1521). Akibat peristiwa itu rombongan bergegas meninggalkan Filipina dipimpin oleh Sebastian del Cano, menuju Kepulauan Maluku. Magelhaens dianggap sebagai orang besar dalam dunia pelayaran karena menjadi orang yang pertama kali berhasil mengelilingi dunia. Raja Spanyol memberi hadiah sebuah tiruan bola bumi. Pada tiruan bola bumi itu dililitkan pita bertuliskan ‘Engkaulah yang pertama kali mengitari diriku’.

rute pelayaran magellan dan del cano
3) Amerigo Vespucci (lahir 9 Maret 1454 – meninggal 22 Februari 1515 pada umur 60 tahun)


amerigo vespucci
Nama Latin nya adalah Americus Vespucius. Ia merupakan salah seorang pelaut yang ikut dalam perjalanan Marco Polo. Ia juga seorang pedagang, penjelajah, dan pembuat peta dari Italia. Ia memegang peranan penting dalam penjelajahan pantai timur Amerika Selatan antara tahun 1499 dan 1502. Dalam perjalanannya yang kedua, ia dikenal luas sebagai orang Eropa pertama menyadari bahwa Amerika Selatan memanjang ke selatan lebih jauh daripada yang diperkirakan oleh orang Eropa saat itu, dan menyimpulkan bahwa itu bukanlah India, melainkan benua baru. Atas penemuannya itu namanya diabadikan menjadi nama benua amerika




rute pelayaran amerigo vespucci

5) Ferdinand Cortez

cortez

Cortez adalah pelaut yang dapat mencapai daerah Amerika Tengah pada tahun 1519. Ia berhasil menaklukkan orang-orang Indian suku Aztec di Meksiko dan suku Maya di Semenanjung Yucatan.









rute pelayaran cortez

6) Fransisco Pizzaro

Francisco-Pizarro-um1540.png
pizzaro
Francisco Pizarro adalah seorang conquistador (penakluk) yang dilahirkan di Trujillo, Spanyol pada sekitar 1475. Ia mengabdi di Italia dan bergabung dengan ekspedisi yang menemukan Samudera Pasifik (1513). Pada 1526 ia dan Diego de Almagro berlayar ke Peru, dan pada 1531 mulai penaklukan Kerajaan Inka. Ia membunuh raja Inka, Atahualpa, lantas mengkonsolidasikan kerajaan baru, mendirikan Lima (1535) dan kota-kota lainnya.







rute perjalanan pizzaro


Pelayaran orang-orang Inggris

1) Sir Francis Drake

drake



Pada tahun 1577 Drake berangkat berlayar dari Inggris ke arah Barat. Dalam pelayarannya, rombongan ini memborong rempah-rempah di Ternate. Setelah mendapatkan banyak rempah-rempah Drake pulang ke negerinya dan sampai di Inggris pada tahun 1580. Pelayaran Drake ini belum memiliki arti penting secara ekonomis dan politis.





rute pelayaran drake


2) Pilgrim Fathers

pilgrim fathers
Pada tahun 1607 rombongan yang menamakan diri Pilgrim Fathers melakukan pelayaran ke arah Barat. Kapal yang bernama May Flower berhasil membawa rombongan ini mendarat di Amerika Utara.







rute pelayaran pilgrim fathers

3) Sir James Lancester dan George Raymond

lancester

Pada pelayaran tahun 1591, Lancester berhasil mengadakan pelayaran sampai ke Aceh dan Penang, sampai di Inggris pada tahun 1594. Pada bulan Juni 1602, Lancester dan maskapai perdagangan Inggris (EIC) berhasil tiba di Aceh dan terus menuju Banten. Di Banten, dia mendapatkan izin dan mendirikan kantor dagang.







4) Sir Henry Middleton


middleton

Pada tahun 1604 pelayaran kedua EIC yang dipimpin Sir Henry Middleton berhasil mencapai Ternate, Tidore, Ambon, dan Banda. Terjadi persaingan dengan VOC. Selama tahun 1611 - 1617, orang-orang Inggris mendirikan kantor dagang di Sukadana (Kalimantan Barat Daya), Makassar, Jayakarta, Jepara, Aceh, Pariaman, dan Jambi.








5) William Dampier



Pada tahun 1688, Dampier melakukan pelayaran dan berhasil mendarat di Australia. Ia terus melanjutkan pelayaran dengan menelusuri pantai ke arah Utara.









rute pelayaran dampier
6) James Cook

cook
Pada tahun 1770 Cook berhasil mendarat di pantai Timur Australia dan menjelajahi pantai Australia secara menyeluruh pada tahun 1771. Oleh karena itu, James Cook sering dikatakan sebagai penemu Benua Australia.









rute pelayaran cook

4) Matthew Flinders

flinders
Flinders berhasil mengelilingi Australia dan membuat peta Australia. Pada tahun 1789.











rute pelayaran flinders


Pelayaran Orang-orang Belanda

Biasanya para pedagang Belanda membeli dagangan rempah-rempah dari Portugis di pusat pasar Lisabon. Namun setelah Lisabon dikuasai Spanyol, Belanda mencari jalan menuju daerah penghasil rempah-rempah. Walaupun Portugis berusaha merahasiakan jalan ke pusat penghasil rempah-rempah, tetapi Belanda berhasil menyusul Portugis dan Spanyol.


Berikut ini beberapa pelaut Belanda yang melakukan penjelajahan ke dunia:

1) Barentz

barentz

Pada tahun 1594, Barentz mencari daerah Timur (Asia) melalui jalur lain yaitu ke Utara. Perjalanan Barentz terhambat karena air laut membeku sesampainya di Kutub Utara. Ia berhenti di sebuah pulau yang dikenal dengan nama Pulau Novaya Zemlya, kemudian memutuskan untuk kembali tetapi meninggal dalam perjalanan.







2) Cornelis de Houtman

houtman
Pada tahun 1595, de Houtman dengan empat buah kapal yang memuat 249 orang awak beserta 64 meriam, memimpin pelayaran mencari daerah asal rempah-rempah ke arah Timur mengambil jalur seperti yang ditempuh Portugis. Pada tahun 1596 Cornelis de Houtman bersama rombongan sampai di Indonesia dan mendarat di Banten.








3) Abel Tasman

tasman
Abel Tasman berlayar mencapai perairan di sebelah Tenggara Australia. Pada tahun 1642 ia menemukan sebuah pulau yang kemudian dikenal dengan nama Pulau Tasmania.










rute perjalaanan tasman

4) Willem Janz

janzoon
Janz berhasil mendarat di Teluk Carpentaria, Australia Utara pada tahun 1666.











rute pelayaran janz
Sources
http://www.berpendidikan.com/2015/06/18-tokoh-penjelajah-samudra-dari-eropa-portugis-spanyol-inggris-belanda.html
http://serbasejarah.blogspot.co.id/2011/05/penjelajahan-samudra-bangsa-eropa.html
https://www.academia.edu/5734150/PENJELAJAHAN_SAMUDRA
google images

9 komentar: