Kamis, 24 November 2016

Kind of REFORMATION





Hasil gambar untuk reformasi


Reformasi. Kata ini pertama kali di gunakan saat Reformasi Gereja Protestan yang diprakarsai oleh Marthin Luther. Pada saat itu Marthin Luther mengkritisi tindakan Gereja Katolik yang semena-mena memungut derma dari umat dengan jumlah besar dengan alasan kepentingan agama. Padahal derma yang diterima digunakan untuk kepentingan pribadi. Sebagai bentuk potesnya yang terkenal ialah dipasangkannya 95 tesis Marthin Luther berisi protes keras pada gereja katolik yang dipasang di gereja Wittenberg, Jerman.


Gambar terkait
Marthin Luther memakukan 95 tesisnya

Jadi, reformasi itu apa sih? Reformasi secara umum berarti perubahan terhadap suatu sistem yang telah ada pada suatu masa. Reformasi menurut KBBI adalah perubahan secara drastis untuk perbaikan (bidang sosial, politik, atau agama) dalam suatu masyarakat atau negara. Reformasi hanya berlaku pada bidang tertentu. Seperti saat reformasi gereja, yang menjadi sorotan hanya bidang agamanya saja. Begitu juga dengan reformasi yang terjadi di Indonesia. Fokus utama dari reformasi di Indonesia sebenarnya adalah bidang politik. Hal yang benar-benar diinginkan oleh demonstran dan rakyat indonesia saat itu hanya turunnya Presiden Suharto dari jabatan presiden.


Hasil gambar untuk reformasi 98
reformasi 98

Semua contoh reformasi diatas intinya adalah mengubah tatanan hidup demi kebaikan bersama. Dapat disimpulkan, Reformasi merupakan suatu perubahan perikehidupan lama dengan tatanan perikehidupan baru yang menuju ke arah perbaikan.


Sumber :
http://www.katapengertian.com/2015/12/pengertian-dan-tujuan-gerakan-reformasi.html
KBBI Online
Wikipedia Bahasa Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar